Makna Hari Panegtegan & Karakter Orang yang Lahir Saat Kamis Wage Watugunung

Hari dimana Watugunung dihidupkan kembali yang jatuh hari Wrhspati (Kamis) Wage Watugunug disebut dengan hari Penegtegan (tegteg artinya sadar) atau Urip Kalantas hidup kembali). Mulai saat hari itulah kesombongan dan kesaktian watugunung pudar dan sirna untuk selamanya.

 

Pada hari Wrhaspati Wage Watugunung inilah hari dimana kita diminta dan diajak bahkan dituntut untuk melakukan “Panegtegan Diri”, menyusunan skala prioritas hidup kita.

 

Maka pada keesokan harinya, pada hari Sukra Kliwon Watugunung, Sang Watugunung kemudian melakukan tapa brata yoga samadhi (penyucian diri), memohon pengampunan serta memohon ke-pradnyan kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa.

 

Hari Sukra Kliwom Watugung ini, dimana Watugunung mulai melakukan penyucian diri ini disebut dengan Pengeredanan. Karena keteguhan tapa bratanya maka Watugunung pada keesokan harinya diberikan dan dianugerahkan ilmu pengetahuan oleh Dewi Saraswati, sakti (istri) dari Bhatara Brahma. Tepat hari dianugerahkannya ilmu pengetahuan ini kepada Watugunung, yaitu hari Saniscara (Sabtu) Umanis Watugunung, disebut dengan hari Saraswati.

Baca Juga : TUNJANG LATRI/RATRI

Makna orang yang lahir saat Kamis wage Watugunung:

Dewa Antaboga, Wataknya pemalu, pendiam tidak banyak bicara, kurang senang bergaul, lebih senang menyendiri, selalu gelisah, suka menghayal yang bukan-bukan, iri hati, cemburu, tapi perasaannya halus dan tajam, mempunyai rasa tanggung jawab yang tinggi. Lahir Kamis Wage Watugunung, Gemar Bersemadi Namun Pencemburu, ini peruntungannya.

 

Kamis atau Wraspati memiliki urip 8 dan Wage memiliki urip 4. Jika dijumlahkan hasilnya 12 sehingga jatah umur mereka yang lahir Wraspati Wage yaitu 72 tahun. Jika dilihat peruntungan nasibnya berdasarkan pal Sri Sedana dengan menggunakan jumlah urip 12, diperoleh sebagai berikut. Umur 0 – 6 tahun mendapat nilai 0 yang artinya mengalami kesakitan atau penderitaan. Sedangkan wuku Watugunung memiliki sifat teliti dan gemar melakukan semadi. Agak angkuh, penyelidik serta pencemburu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.