Sate Lilit Khas Bali Merupakan Simbol Kejantanan Pria Bali

sirahbaliinfo.com – Sate lilit, adalah makanan khas Bali yang tidak asing lagi di telinga kita. Hampir disetiap upacara orang Bali selalu membuat sate lilit. Awalnya, Sate Lilit adalah hidangan khas daerah Klungkung. Ada satu hal menarik yang bisa dikulik terkait keberadaan kuliner khas Bali ini. Bagi warga Bali, sate lilit bukan sekadar makanan yang disantap setiap hari. Keberadaannya ternyata lebih dari itu, bahkan secara khusus bagi para laki-laki Bali, sate lilit merupakan salah satu bukti kejantanan mereka.

 

Agak unik memang, tapi itulah fakta yang ada di Pulau Dewata sejak dulu. Alasannya, karena dalam proses pembuatan sate lilit Bali, semuanya dilakukan oleh seorang laki-laki. Proses pembuatan sate lilit dimulai dari pemotongan hewan sampai pemanggangan. Terkadang, ketika berlangsung upacara besar, pemanggangan sate lilit bisa melibatkan sekitar 100 orang laki-laki.

 

Terdapat sembilan macam sate yang disebut penawasangan, yakni simbol dari sembilan penjuru mata angin. Namun, ada juga yang percaya bahwa penawasangan adalah simbol dari senjata sembilan dewa (Dewata Nawa Sangga). Sate Lilit merupakan lambang senjata Dewa Brahma yang berupa gada, yakni senjata pemukul berbentuk cembung seperti kubah dengan pangkal lurus sebagai pegangannya. Konon, senjata ini bermakna perlawanan dan menghancurkan pengaruh jahat. Dalam persiapan ritual keagamaan, sate lilit dibuat dan disusun secara khusus berdasarkan arah mata angin.

 

Pembuatan sate lilit sangatlah mudah. Berikut adalah resep membuat sate lilit ayam yang enak.

Bahan-bahan:

500gram daging ayam yang sudah digiling

8 sdm kelapa parut

Batang serai sebagai tangkai sate secukupnya

Kaldu ayam bubuk sesuai selera

Garam secukupnya

Minyak untuk menggoreng

 

Bumbu halus:

5 buah cabai merah besar yang sudah dibuang isinya

9 siung bawang merah

5 siung bawang putih

5 butir kemiri yang telah sangrai terlebih dahulu

1 ruas kencur

5 cm jahe

5 cm kunyit

5 cm lengkuas

Merica sesuai selera

1/2 sdt bubuk ketumbar

 

Tahap pembuatan:
  1. Siapkan wadah, masukkan daging giling, kelapa parut, garam, serta bumbu yang telah dihaluskan. Kemudian campur semua bahan tersebut menjadi satu, uleni hingga adonan tercampur rata.
  2. Setelah bahan-bahan tersebut tercampur rata, ambil sedikit adonan, kepal-kepal, kemudian lilitkan ke permukaan batang serai yang sudah disiapkan sebelumnya. Lakukan ini hingga seluruh adonan ayam dan bumbu habis.
  3. Siapkan teflon, kemudian tuangkan sedikit minyak goreng ke atas teflon. Nyalakan apinya dengan panas sedang. Setelah minyak cukup panas, segera masukkan lilitan sate, bolak-balik setiap sisi sate dan masak hingga matang sempurna.
  4. Setelah matang, segera angkat sate lilit dan sajikan hangat-hangat. Atau, jika kamu mau, kamu bisa memanggang kembali sate lilit yang telah dimasak menggunakan teflon. Cara ini dapat membuat cita rasa sate lilit menjadi semakin sedap.
  5. Setelah dipanggang, sate lilit siap dinikmati!

 

Demikianlah cara membuat sate lilit yang sederhana, selamat mencoba!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.