Bubur Mengguh Khas Buleleng Rasa Nikmat Yang Komplit

sirahbaliinfo.com – Biasanya, kuliner khas Desa Teja Kula, Buleleng ini disajikan saat upacara adat. Bubur Mengguh sering disebut juga Bubur Mangguh atau Mungguh. Bubur Mengguh terbuat dari beras dan santan yang disajikan dengan ayam suwir yang dibumbui lalu disiram kuah ayam kental dan urap sayur yang disajikan terpisah.

 

Citarasanya sangat komplit, perpaduan gurih dan agak pedas dikombinasikan dengan renyahnya sayur urap. Tentu bubur ini memiliki cita rasa yang berbeda. Biasanya, orang akan menyantap bubur ini ketika pagi hari untuk sarapan. Tetapi, Bubur Mengguh akan semakin terasa nikmat jika disantap ketika cuaca sedang dingin.

 

Bahan-bahan yang biasanya digunakan untuk membuat bubur Mengguh ini yaitu, beras, daun salam, santan kental, dada ayam, kacang panjang, kacang tanah yang sudah digoreng, sampai dengan tambahan bawang goreng yang selalu wajib untuk menyedapkan setiap sajian.

 

 

Selain bahan-bahan tersebut, bumbu yang harus dihaluskan adalah bawang putih dan bawang merah, cabai merah, kunyit yang dibakar, kemiri, merica, ketumbar, dan garam. Bumbu-bumbu tersebut dihaluskan dan kemudian dijadikan perasa dan penyedap Bubur Mengguh ini.

 

Bubur khas Bali ini memiliki satu kekhasan yang berbeda dengan bubur-bubur yang lain, yaitu urap. Urap untuk Bubur Mengguh terdiri dari kelapa parut yang sudah setengah tua, kacang panjang, bawang putih, cabai merah, terasi, kencur, gula merah, dan daun jeruk.

 

Bagian terpenting dari lezatnya Bubur Mengguh adalah cara membuatnya. Pertama minyak dipanaskan, kemudian menumis bumbu-bumbu yang sudah dihaluskan sampai harum. Setelah harum, masukkan daging ayam, daun salam, lengkuas, dan kaldu bubuk. Bumbu harus merasuk ke dalam ayam sembari menunggunya matang, biasanya dibantu dengan bantuan air agar bumbu bisa merasuk ke daging. Di sisi lain, beras harus sudah mulai direbus hingga lunak.

 

Jika sudah lunak, kemudian ditambahkan santan, garam, dan daun salam. Olahan beras harus diaduk dan dicampur terus hingga menjadi bubur yang mengental. Jika sudah, kemudian masukkan kacang panjang yang sudah dipotong-potong dan masak hingga semuanya matang. Terakhir, tinggal siapkan urap. Bubur Mengguh sudah siap disajikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *