Tips Ampuh Hilangkan Komedo Selama 1 Minggu

Komedo adalah pori-pori yang tersumbat, bisa terbuka atau tertutup. Komedo terbentuk akibat tersumbatnya pori-pori kulit oleh sel kulit mati dan minyak. Komedo ada dua varian, yaitu komedo hitam dan komedo putih. Komedo biasanya muncul pada kulit wajah, tetapi dapat juga muncul di bagian tubuh lainnya, seperti bahu, dada, punggung, atau lengan. Komedo adalah hal yang tidak bisa disepelekan karena jika dibiarkan begitu saja, lama kelamaan, komedo akan sangat mengganggu tampilan wajah Anda.

Berikut adalah tips menghilangkan komedo :

 

1. Gunakan Scrub Kopi & Gula

Image from: kanal247

Tidak hanya untuk diminum, ternyata campuran kopi dan gula yang nikmat juga mampu mengangkat komedo membandel yang ada di wajah. Perpaduan kopi dan gula ini sangat ampuh untuk mengangkat sel kulit mati. Caranya dengan menyiapkan 2 sendok bubuk kopi dan campurkan dengan sedikit air. Kemudian tambahkan 1 sendok gula pasir. Gosokkan scrub kopi tersebut pada permukaan wajah yang sudah dibersihkan. Lakukan gerakan menggosok salah satu titik wajah minimal 1 menit.

 

2. Gunakan Kunyit

Image from: jawa pos

Kunyit sudah lama dipercaya mampu menghilangkan noda-noda hitam di kulit. Selain itu, kunyit juga dipercaya mampu membantu menghilangkan komedo hitam. Caranya dengan mencampurkan dua sendok teh kunyit bubuk dengan dua sendok makan air daun mint. Oleskan pada area komedo dan biarkan selama 30 menit sebelum dibilas dengan air hangat. Sebagai alternatif, bisa mencampurkan bubuk kunyit dengan bubuk cendana dan susu. Campur hingga membentuk pasta. Oleskan pada area komedo selama 10-20 menit lalu bilas dengan air hangat.

 

3. Gunakan Lidah Buaya

Image from: sehatQ

Lidah buaya sudah sering digunakan untuk merawat wajah, seperti membantu mengencangkan wajah dan mengecilkan pori-pori. Selain itu, ternyata lidah buaya juga dapat membantu menghilangkan komedo. Caranya dengan mengoleskan ½ sendok teh gel lidah buaya pada area kulit yang berkomedo. Biarkan semalaman, lalu bilas dengan air bersih di pagi hari.

 

4. Pasta Gigi

Image from: Liputan6.com

Ternyata selain membersihkan gigi, pasta gigi juga memiliki manfaat untuk menghilangkan komedo. Cara ini sangat mudah dilakukan. Caranya, cukup dengan oleskan pasta gigi secara merata. Diamkan selama 15 menit, kemudian bilas dengan air bersih. Lebih direkomendasikan menggunakan pasta gigi yang berbahan herbal untuk membantu hilangkan komedo namun aman di wajah.

 

5. Gunakan Baking Soda

Image from: trubus.id

Campurkan sedikit baking soda dan air hingga menjadi pasta. Kemudian, oleskan campuran ini ke kulit wajah. Diamkan beberapa menit, setelah itu bilas wajah hingga bersih. Baking soda bertindak sebagai exfoliant (agen pengelupas) yang mampu menyingkirkan kulit mati penyumbat pori-pori wajah. Namun, jangan terapkan cara ini setiap hari karena dapat membuat kulit wajah menjadi kering. Itulah tips menghilangkan komedo. Mudah bukan? Lakukanlah perawatan wajah Anda secara rutin, untuk menghindari penuaan dini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.