Manfaat Cendana Essential Oil Untuk Menjernihkan Mental

Seperti yang dibahas di artikel sebelumnya, kayu Cendana memilki beberapa manfaat, seperti manfaat magis dan menghilangkan bakteri. Ternyata selain manfaat tersebut, Cendana juga bisa menjernihkan mental. Saat digunakan sebagai tambahan atau campuran dalam dupa atau wewangian. Dengan aromanya yang wangi khas kayu Cendana akan membantu pikiran lebih tenang dan tubuh akan semakin nyaman. Itulah kenapa minyak ini sering digunakan sebagai media meditasi, doa, atau ritual spiritual lainnya. Yang berpengaruh pada konsentrasi dan gairah. Selain itu juga memberikan efek pada peningkatan perhatian dan kejelasan kognitif.

Image from: https://t.me/rosevara

Hal ini juga sebenanrnya berkaitan dengan hal-hal magis, karena manfaat menjernihkan mental menggunakan Cendana ini bisa didapatkan melalui aroma dupa, dimana dupa merupakan salah satu komponen wajib umat Hindu dalam melakukan ritual persembahyangan. Tapi jika Anda tidak menyukai menghirup bau menggunakan dupa, Anda bisa mencoba alternatif lainnya yaitu menggunakan diffuser. Anda bisa meneteskan beberapa tetes Cendana essential oil kedalam diffuser yang sudah berisikan air, setelah itu Anda bisa menghirup aroma cendana dari uap yang dihasilkan oleh diffuser tersebut.

Ternyata, tidak hanya untuk kejernihan mental, minyak Cendana juga bisa membantu untuk menciptakan perasaan rileks dan damai. Penelitian menemukan bahwa meskipun Cendana itu memiliki wangi yang santai ketika dicium atau digosokkan pada kulit, minyak ini berbeda dengan minyak lain seperti Lavender. Sebaliknya, peneliti menyebut minyak ini memiliki wangi yang harmonis.   Studi lain yang dipublikasikan dalam Journal of Complementary Therapies di Clinical Practice, menemukan bahwa pasien yang menerima perawatan paliatif merasa jauh lebih santai ketika mereka menerima aromaterapi dengan sandalwood, hal ini sangat berbeda bila dibandingkan dengan pasien yang tidak menerima sandalwood.

Karena Cendana memilki manfaat menjernihkan mental, maka dari itu Cendana juga bisa membantu mengurangi stres. Stres bisa terjadi kapan saja. Saat stres muncul, kadar hormon kortisol di dalam tubuh akan meningkat dan tubuh akan melepaskan bahan kimia perangsang peradangan yang disebut sitokin. Sitokin yang diproduksi tubuh ini bisa mengganggu tidur, meningkatkan tekanan darah, membuat depresi dan cemas seiring waktu yang akan mengakibatkan rentan terkena berbagai penyakit. Hal ini bisa Anda atasi dengan melakukan meditasi. Akan lebih baik jika saat Anda meditasi, Anda juga menghirup aroma Cendana. Anda bisa menggunakan dupa atau diffuser, sesuai selera Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *