Kamu Harus Tahu Tentang Cendana Essential Oil !!

Seperti yang kita ketahui, kayu Cendana sangat terkenal dengan wanginya yang harum. Bahkan karena wanginya yang harum itulah, kayu Cendana sangat terkenal hingga ke mancanegara. Kita sangat bersyukur, di Indonesia kita bisa menemukan kayu ajaib ini, yaitu tepatnya di daerah Nusa Tenggara Timur (NTT), terutama di Pulau Sumba, karena diyakini pohon ini berasalah dari Pulau Sumba.

Image from: https://t.me/rosevara

Pohon Cendana mengandung minyak atsiri. Minyak atsiri adalah bagian paling bernilai dari pohon Cendana. Bagian kayu dari akar Cendana adalah yang paling potensial sebagai sumber minyak atsiri dengan kandungan 10%. Untuk menghasilkan minyak terbaik, usia tumbuh kayu Cendana harus dipilih dengan usia antara 40 – 80 tahun. Untuk menghasilkan 1-2 liter minyak Cendana murni dibutuhkan kurang lebih 100 kg galih Cendana. Sekarang, Minyak Cendana murni termasuk minyak paling langka dan paling mahal di dunia.

Minyak Cendana ini juga berkhasiat menenangkan. Kandungan senyawa santalol pada batang dan akar Cendana membuat batang kayu Cendana menjadi harum. Senyawa santalol ini digunakan untuk bahan dasar dalam industri farmasi dan kosmetika.

Selain digunakan untuk minyak atsiri, kayu ini juga biasanya digunakan sebagai bahan parfum & dupa. Kayu Cendana juga sering dikaitkan dengan hal-hal spiritual. Sehingga, kayu Cendana juga sering digunakan sebagai gelang maupun kalung oleh orang-orang yang memiliki jiwa spiritual tinggi. Dalam pembuatan gelang atau kalung inipun biasanya disertai dengan ritual-ritual tertentu.

Selain dipercaya memiliki manfaat untuk hal-hal magis, minyak atsiri Cendana juga dipercaya memiliki manfaat untuk melawan bakteri. Berbagai minyak atsiri (essential oil) dianggap memiliki sifat melawan penyakit terhadap Staphylococcus aureus (MRSA) yang dapat menyebabkan infeksi Staph yang resisten terhadap antibiotik tertentu. Penggunaan minyak Cendana atau Sandalwood Oil juga seringkali digunakan sebagai aromaterapi. Anda dapat menggunakannya dengan cara mengoleskan langsung ke kulit, menuang beberapa tetes ke dalam lotion, mencampurkan dengan air untuk mengharumkan ruangan, menuangkannya ke dalam infuser essential oil, atau menambahkannya ke dalam air mandi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.