I WAYAN REMBANG MAESTRO KERAWITAN BALI PALING BERPENGARUH

I Nyoman Rembang, kelahiran Banjar Tengah, Sesetan Denpasar pada 15  Desember 1930 ini adalah seorang musisi, komposer, guru dan pembuat satu musisi dan komponis Bali paling berpengaruh di abad kedua puluh.

Baca juga : I Nyoman Gunarsa Sang Maestro Seni Lukis Klasik Dari Bali

I Nyoman Rembang juga sempat menjadi pengajar di Summer School, Berkeley, California, USA selama 5 bulan pada tahun 1974. I Nyoman Rembang meninggal dunia pada hari Senin, 30 Agustus 2001 sekitar pukul 19.00 WITA di kediamannya di Denpasar pada usia ke 71 tahun.

 

Beliau memulai karier musiknya ketika ia bergabung dengan kelompok gambuh lokal di desanya, di Sesetan. Pada usia tujuh tahun, ia sudah memainkan gender wayang secara profesional. Pada usia delapan, ia mulai belajar memainkan gamelan legong dari banyak guru di sekitar Badung. Di masa remajanya, Rembang adalah musisi paling ulung di Bali.

 

Itu membuat pemerintah Bali menawarinya pekerjaan untuk mengajar tentang Karawitan / Gamelan Bali di Conservatorium Surakarta di Solo, Jawa Tengah. Ia juga menjadi spesialis gamelan Jawa di bawah bimbingan R.M. Yudoprawiro, seorang bangsawan dari Istana Surakarta.

 

Pada tahun 1960, bersama mantan gubernur kedua Bali, Ida Bagus Mantra, Beliau memelopori pembentukan Konservatif Bali. Pada tahun 1963, Beliau mengundurkan diri dari Conservatorium Surakarta dan berkonsentrasi di Bali dimana ia mengajar di Sekolah Tinggi Musik SMKI. Beliau juga sering diundang untuk mengajar di Eropa sebagai artis tamu, komposer dan pemain. Beliau adalah guru dari banyak komposer dan musisi kontemporer seperti I Wayan Suweca dan André Éric Létourneau.

 

Setelah selesai sebagai guru di Sekolah Seni Denpasar pada pertengahan 1980-an, ia menciptakan Gamelan Bungbang. Beliau menciptakan banyak komposisi baru untuk ansambel ini. Banyak dari mereka telah disajikan selama Festival Seni Bali tahunan dan pada beberapa kesempatan di Eropa, Amerika, dan Asia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *