Dr. Anak Agung Gede Agung Rahma Putra, S.Sn., M.Sn. Lestarikan Budaya Melalui Karya dan Prestasi

Dr. Anak Agung Gede Agung Rahma Putra, S.Sn., M.Sn. merupakan seorang koreografer & pendiri Yayasan Pancer Langiit. Pria yang akrab disapa Bli Gung Rahma ini lahir pada, 26 April 1988 asal Puri Muncan, Desa Adat Kapal, Kecamatan Mengwi yang kesehariannya menjadi dosen di Universitas Mahadewa Indonesia. Memulai kecintaannya pada seni ketika duduk dibangku sekolah dasar. Hingga akhirnya semakin menekuni bidang seni dan telah meraih beberapa penghargaan.

Gung Rahma
Juara I Pemuda Pelopor Bidang Sosial, Budaya, Pariwisata dan Bela Negara Republik Indonesia

Baca Juga : I Nyoman Gunarsa Sang Maestro Seni Lukis Klasik Dari Bali

 

Pada Oktober 2016, Bli Gung Rahma berhasil membanggakan masyarakat Bali melalui prestasi yang telah dicapainya sebagai Juara I Pemuda Pelopor Bidang Sosial, Budaya, Pariwisata dan Bela Negara Republik Indonesia. Tidak hanya itu dalam lomba pawai kostum Carnival tingkat nasional, karya Bli Gung Rahma menyabet Juara 1 kategori B di Malang Flower Carnival 2016.

 

Kegiatan yang dilaksanakan oleh Yayasan Pancer Langiit dibawah binaan Bli Gung Rahma dilihat dari bidang Sosial, contohnya telah dilaksanakan Ngayah (Pengabdian masyarakat tanpa balas jasa) di Pura/tempat suci yang ada di Bali, Jawa, Lombok dan Malaysia serta berpartisipasi aktif dalam kegiatan charity yang diselenggarakan oleh komunitas social/organisasi kepemudaan, seperti kolaborasi bersama karang taruna ataupun sekaa teruna di banjar.

Gung Rahma
Kolaborasi dan pembelajaran serta pertukaran budaya dengan kelompok budaya lokal

Dalam bidang Budaya yakni Kolaborasi dan pembelajaran serta pertukaran budaya dengan kelompok budaya lokal, Nasional maupun Internasional. Di Bidang Pariwisata, ikut mendukung kegiatan promosi pariwisata daerah melalui event-event pariwisata yang diselenggarakan oleh Pemerintah Daerah maupun Nasional bahkan Internasional, seperti event WACI, JFC, dan sebagainya.

 

Tak luput dalam bidang bela negara, Yayasan Pancer Langit mendukung dan ikut mengambil bagian dalam upaya-upaya pelestarian warisan budaya sebagai identitas bangsa yang berbudaya dan bermartabat di kancah nasional/internasional melalui kreativitas seni.

Bli Gung Rahma berharap seni dan budaya di Bali tetap lestari disertai berkembangnya inovasi baru tanpa mengurangi serta merusak seni tradisi sendiri, sehingga identitas yang kita miliki dapat dipertahankan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.